Selasa, 17 Juni 2014

Ib, ending yang kreatif!

Ib
Genre: RPG, Horror, Puzzle
Platform: PC 
Developer: Enterbrain
Link Download: Coming Soon

Gue gak ingat kapan pertama kali mengenal game ini. Setelah gue menyelesaikan sidang, ujian, dan berbagai kewajiban lainnya, gue pun memutuskan untuk memainkan game sebagai refreshing.
Dan gue pun menemukan File bernama "Ib" di folder game di Flashdisk gue. Setelah menamatkan gamenya, sekarang gue pengen mencoba memberikan review gue tentang game yang memiliki kualitas cerita yang cukup menarik ini.


Ib adalah game RPG horror jepang, game ini memiliki fanbase yang cukup banyak di negerinya sana. Menceritakan tentang anak perempuan berumur 9 tahun bernama Ib. Pada suatu hari Ib diajak oleh orang tuanya untuk mengunjungi sebuah Museum Seni yang berisi karya seni milik seorang seniman terkenal, Guertena.

Saat sedang mengelilingi Museumnya seorang diri, Ib menemukan sebuah lukisan yang sangat besar. Penasaran dengan lukisan tersebut, ia pun membaca nama dari lukisan tersebut. Tiba-tiba saja lampu Musem berkedip-kedip, dan ketika ia melihat sekeliling para pengunjung Museum dan juga orang tuanya sudah tidak ada, hanya ia seorang diri yang berada di Museum.

Setelah ia mencoba mengelilingi keseluruhan Museum tersebut. Tidak hanya para pengunjung yang menghilang, ia juga tidak bisa keluar dari Museum. Ib pun kembali ke tempat lukisan yang sangat besar tadi dan ia menemukan sebuah cairan biru dibawah lukisan. Ketika ia hendak mengeceknya, tiba-tiba saja muncul tulisan dari darah bertuliskan "C-O-M-E-I-B".

Ib kembali mengelilingi Museum dan ia melihat sebuah lukisan bernama "Abyss of The Deep". Saat Ib mendekatinya, ternyata ia bisa memasuki lukisan tersebut. Petualangannya di dunia yang menyeramkan ini pun dimulai.


Grafis gamenya yang mengusung 8-bit terkadang mudah diremehkan orang, terutama yang bukan non-gamer dan hanya tahu game dengan grafis next-gen seperti teman gue. 

Menurut gue ini adalah game RPG horror yang pantas diacungi jempol terutama Plot Twistnya. Siapa yang tidak terkejut ketika Garry membaca sebuah buku yang ternyata berisi sebuah rahasia penting dari game ini sendiri. Gamer terkenal seperti Pewdiepie pun terdiam cukup lama dibuatnya.

 i'm fahking knew it!

Seperti kebanyakan game horror RPG lainnya. Ib menghadirkan banyak puzzle yang tidak kalah sulit. Gue pun dibuat pusing dibagian puzzle yang berhubungan dengan lukisan "a girl without umbrella".

Game ini memiliki Ending yang cukup banyak, ada sekitar 6 Ending. Option yang kalian pilih juga mempengaruhi Ending yang akan kalian dapat kedepannya. Sementara ini gue baru mendapat 2 ending, Memories Crannies (Good Ending) dan Ib All Alone (Bad Ending). Ketika gue memainkannya lagi nanti mungkin gue akan mencoba mendapatkan Promise of Reunion (Best Ending) dan Forgotten Potrait. Gue dengar ending Forgotten Potrait cukup sedih.


Sekedar pesan terakhir dari gue, pastikan item Lace Handkerchief yang kalian dapat sejak awal permainan itu digunakan kedepannya. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar